Jumat, 13 Oktober 2023

SMP Negeri 2 Karangjambu Peduli

 

SMP Negeri 2 Karangjambu berlokasi di bagian utara Kabupaten Purbalingga tepatnya di Desa Danasari, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalinnga yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Pemalang. Secara Greografis sekolah ini terletak di daerah perbukitan tepatnya di bawah Bukit Banowati kabupaten Pemalang. SMP Negeri 2 Karangjambu memiliki visi “Berprestasi, Berkarakter Luhur dan Berwawasan Lingkungan”. Untuk mewujudkan visi dan misi sekolah, selain dalam proses pembelajaran SMP Negeri 2 Karangajmbu juga memiliki program untuk mengembangkan karakter siswa baik dengan kokulikuler maupun ekstarakulikuler. Kegiatan pembiasaan meliputi Sholat Duhur berjamaah, tadarus Al-Qur’an, Asmaul Husna, Jumat bersih, Jumat sehat dan literasi. Adapun Ekstrakulikuler di selenggarakan yaitu Kepramukaan, Tilawah, PASKIBRA, Seni dan Olahraga.

Memasuki musim kemarau Tahun 2023 kekurangan air bersih sudah mulai dirasakan di sebagian besar wilayah Kabupaten Purbalingga, salah satunya masyarakat di sekitar SMP Negeri 2 Karangjambu tepatnya di Dusun Danareja Desa Danasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya. Warga Masyarakat mulai kesulitan air bersih, disebabkan sumber mata air dan sumur mengering. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus berjuang mengambil air bersih dengan membawa jerigen menggunakan sepeda motor ke beberapa titik sumber air yang masih ada. Selain itu tidak jarang juga masyarakat harus membeli ke penyedia air bersih. Tentu hal tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga mulai mencuci, memasak dan kegiatan lainnya.

Kelangkaan air bersih yang dialami Warga Masyarakat membuat pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 2 Karangjambu merasa prihatin. Pengurus OSIS berdiskusi membahas upaya yang bisa dilakukan untuk bisa membantu setidaknya meringankan beban permasalahan yang sedang dialami warga masyarakat OSIS sepakat untuk mengadakan kegiatan bakti sosial penyaluran air bersih. Kegiatan tersebut mendapatkan respon baik dari Kepala Sekolah Bapak Priyo Patmono, S. Pd. dan urusan Kesiswaan sekaligus Pembina OSIS Bapak Teguh Santosa, S. Pd

Kegiatan bakti sosial penyaluran Air bersih dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Oktober 2023 di Dusun Danareja Desa Danasari dan sekitarnya. Kegiatan Penyaluran Air Bersih hari ini dengan jumlah air bersih yang di distribusikan sebanyak lima Toren dengan kapasitas satu toren 1000 liter. Batkti sosial penyaluran air bersih yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Karangjambu, dari pihak Pemerintah Desa Desa Danasari yakni Bapak Saeful Anwar (Kepala Desa), dan Pembina OSIS SMP Negeri 2 Karangjambu. Penyaluran air bersih di lokasi dilaksanakan oleh pengurus OSIS. Kegiatan berjalan lancar dimulai jam 08.00 WIB sampai selesai.

Kepala Desa Danasari menyampaikan rasa terima kasih kepada SMP Negeri 2 Karangjambu atas kegiatan penyaluran Air bersih bagi warga desa Danasari. Warga sangat senang dan sangat terbantu mendapatkan air bersih, melalui kepedulian SMP Negeri 2 Karangjambu di tengah warga untuk meringankan beban atas kelangkaan air bersih” pungkasnya.



Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Karangjambu menyampaikan “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian SMP Negeri 2 Karangajmbu khususnya Siswa terhadap masyarakat sekaligus salah satu bentuk penguatan pendidikan karakter gotong royong melalui bakti sosial penyaluran air bersih SMP Negeri 2 Karangjambu”.

Dengan kegiatan bakti sosial pendistribusian air bersih ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban warga masyarakat yang terdampak kekeringan selama musim kemarau. Ke depannya, semoga kegiatan bakti sosial lainnya bisa terus diadakan lagi oleh SMP Negeri 2 Karangjambu.





0 comments:

Posting Komentar