Selamat Datang di SMP Negeri 2 Karangjambu

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selamat Datang di SMP Negeri 2 Karangjambu

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selamat Datang di SMP Negeri 2 Karangjambu

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selamat Datang di SMP Negeri 2 Karangjambu

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 24 November 2023

SMP Negeri 2 Karangjambu Gelar Upacara Hari Guru Nasional

 

Karangjambu - Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Dirgahayu PGRI yang ke -78 tanggal 25 November. SMP Negeri 2 Karangjambu melaksanakan kegiatan Upacara Bendera di halaman sekolah, Sabtu (25/11/2023) peringatan Hari Guru Nasional yang mengusung tema "bergerak bersama rayakan Merdeka Belajar.

Dipilihnya tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional karena pada 24-25 November 1945 telah dilaksanakan, Konggres Organisasi Guru se-Indonesia yang kemudian melahirkan Organisasi Persatuan Guru Nasional (PGRI). Selanjutnya, oleh pemerintah melalui keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres RI) No. 78 Tahun 1945  tanggal 25 November di tetapkan sebagai Hari Guru Nasional (HGN).

Upacara peringatan Hari Guru Nasional di SMP Negeri 2 Karangjamby di mulai tepat pukul 07.00 dengan petugas upacara dari Bapak Ibu Guru dan staf karyawan serta Paduan Suara Sekolah yang beranggotakan anggota OSIS SMP Negeri 2 Karangjambu.

Priyo Patmono, S.Pd. Selaku pembina upacara menyampaikan pidato dari kemendikbudristek dan berpesan kepada seluruh pesera didik untuk selalu semangat dalam belajar. Beliau juga berpesan jangan melupakan jasa guru yang telah menjadikan anak-anak bangsa menjadi pintar, mereka tanpa pamrih dan tanpa jasa memberikan ilmu kepada semua anak bangsa.

Suasana yang semula hening, berubah menjadi tangis haru tak kuasa menahan rasa bahagia. Tanpa disadari air mata pun menetes tak terbendung.


Lagu hymne guru, Terima kasihku dan Jasamu guru yang di nyanyikan serentak oleh peserta didik menjadikan suasana semakin pecah mengiringi penyerahan karangan bunga dari perwakilan peserta didik kepada bapak ibu guru dan Kepala Sekolah. Tampak isak tangis dari para peserta didik menjadikan suasana semakin haru dan menyentuh hati


Setelah upacara bendera seluruh peserta didik memberikan berbagai ucapan dan apresiasi kepada Bapak Ibu Guru sebagai wujud cinta dan kasih sayangnya. Khususnya kepada bapak ibu guru wali kelas masing-masing.









Kamis, 23 November 2023

Stop Bullying! SMP Negeri 2 Karangjambu Deklarasi Anti Bullying dan Anti Kekerasan

 


SMP Negeri 2 Karangjambu resmi mendeklarasikan Anti Bullying dan Anti kekerasan, Jum'at (24/11/2023) di halaman sekolah. Acara deklarasi ini melibatkan semua pihak yang berperan dalam pendidikan, termasuk siswa, guru, tenaga kependidikan, pemerintah desa, komite sekolah, dan orang tua siswa. Tindakan konkret diambil melalui penandatanganan deklarasi oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan di sekolah tersebut. Dalam deklarasi ini, mereka sepakat untuk tidak melakukan tindakan yang dinilai melanggar aturan Undang-Undang Anti Perundungan, serta berjanji untuk menjaga nama baik sekolah dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua orang.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Karangjambu Priyo Patmono, S.Pd. mengatakan, dalam deklarasi anti bullying dan anti kekerasan, seluruh siswa menolak segala bentuk bullying baik berupa fisik, verbal maupun cyber bullying di sekolah maupun di luar sekolah.

Selajutnya, Aktif mengajak teman-teman di sekolah untuk menjauhi dan menghindari perilaku bullying. Selalu peduli kepada sesama teman, menghargai perbedaan dan berperilaku positif. Siap mewujudkan program sekolah ramah anak dan Siap mewujudkan profil pelajar Pancasila.

“Deklarasi ini merupakan momen yang tentu akan memberikan pelajaran tentang masalah bullying. Mudah – mudahan dengan komitmen seluruh warga sekolah ini, ikrar sebelum penandatangananya harus benar – benar diresapi dan diimplementasikan oleh anak – anak, sehingga antar sesama teman bisa saling menyayangi, mengasihi dan melindungi,” terangnya.


Deklarasi Anti Bullying ini bukan hanya sebatas simbol, tetapi juga sebuah langkah berani yang mengharapkan perubahan positif dalam dunia pendidikan. Harapannya, inisiatif seperti ini akan terus menyebar dan memberikan inspirasi kepada sekolah lain untuk mengikuti jejak SMP Negeri 2 Karangjambu dalam menjadikan lingkungan pendidikan lebih aman dan bebas dari bullying.





SMP Negeri 2 Karangjambu kunjungi pabrik teh tarik dan kopi Buana

 

        SMPN 2 Karangjambu, mengadakan kegiatan P5 bertajuk "Bangunlah Jiwa Raga Ku" pada Kamis, 23 November 2023. Dalam kegiatan ini, siswa kelas 7 dan 8 melakukan kunjungan industri ke minuman olahan rumah teh tarik dan es Kopi Buana Desa Danasari yang di miliki oleh Bapak Septiawan Hendratama.

        Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang proses pembuatan teh tarik dan es kopi, mulai dari persiapan bahan, pengolahan dan proses memasak, hingga penyajian dalam bentuk teh tarik dan es kopi yang siap disajikan. Siswa juga diajak melihat langsung alat-alat yang digunakan di dalam pembuatan tersebut.

        Dalam kegiatan ini, siswa mendapatkan pengalaman yang sangat bermanfaat. Mereka mengenal dan memahami proses produksi dan merekam secara langsung bagaimana cara industri mengolah teh dan kopi menjadi minuman yang nikmat untuk dinikmati. Selain itu, siswa juga belajar bagaimana menjaga kebersihan dalam pengolahan minuman dan pentingnya menjaga kesehatan dalam produksi minuman teh tarik dan es kopi.


        Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Sekolah. Siswa didampingi beberapa guru selama kunjungan, memberikan penjelasan detail tentang proses produksi olahan minuman dan membantu siswa untuk memperoleh pemahaman tentang pentingnya kesehatan dalam mengolah makanan maupun minuman.


        Mas Hendra, pemilik Kopi Buana sangat senang dengan kunjungan ini dan menyambut baik kedatangan siswa dan guru SMPN 2 Karangjambu. "Saya senang menjadi bagian dari kegiatan P5 SMPN 2 Karangjambu. Saya berharap kunjungan ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga untuk siswa dan membuka kesadaran bahwa pengolahan minuman bukan hanya sekedar bisnis, tetapi juga membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga kualitas dan kebersihan,” ujarnya.

    Diharapkan kegiatan P5, Kopi Buana ini dapat memberikan pengalaman yang berharga serta meningkatkan minat siswa pada pengolahan berbagai macam minuman sebagai profesi di masa depan.