Kamis, 23 November 2023

Stop Bullying! SMP Negeri 2 Karangjambu Deklarasi Anti Bullying dan Anti Kekerasan

 


SMP Negeri 2 Karangjambu resmi mendeklarasikan Anti Bullying dan Anti kekerasan, Jum'at (24/11/2023) di halaman sekolah. Acara deklarasi ini melibatkan semua pihak yang berperan dalam pendidikan, termasuk siswa, guru, tenaga kependidikan, pemerintah desa, komite sekolah, dan orang tua siswa. Tindakan konkret diambil melalui penandatanganan deklarasi oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga kependidikan di sekolah tersebut. Dalam deklarasi ini, mereka sepakat untuk tidak melakukan tindakan yang dinilai melanggar aturan Undang-Undang Anti Perundungan, serta berjanji untuk menjaga nama baik sekolah dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua orang.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Karangjambu Priyo Patmono, S.Pd. mengatakan, dalam deklarasi anti bullying dan anti kekerasan, seluruh siswa menolak segala bentuk bullying baik berupa fisik, verbal maupun cyber bullying di sekolah maupun di luar sekolah.

Selajutnya, Aktif mengajak teman-teman di sekolah untuk menjauhi dan menghindari perilaku bullying. Selalu peduli kepada sesama teman, menghargai perbedaan dan berperilaku positif. Siap mewujudkan program sekolah ramah anak dan Siap mewujudkan profil pelajar Pancasila.

“Deklarasi ini merupakan momen yang tentu akan memberikan pelajaran tentang masalah bullying. Mudah – mudahan dengan komitmen seluruh warga sekolah ini, ikrar sebelum penandatangananya harus benar – benar diresapi dan diimplementasikan oleh anak – anak, sehingga antar sesama teman bisa saling menyayangi, mengasihi dan melindungi,” terangnya.


Deklarasi Anti Bullying ini bukan hanya sebatas simbol, tetapi juga sebuah langkah berani yang mengharapkan perubahan positif dalam dunia pendidikan. Harapannya, inisiatif seperti ini akan terus menyebar dan memberikan inspirasi kepada sekolah lain untuk mengikuti jejak SMP Negeri 2 Karangjambu dalam menjadikan lingkungan pendidikan lebih aman dan bebas dari bullying.





0 comments:

Posting Komentar